Halloween Costume ideas 2015

Membangun Smart City dengan Pemanfaatan Teknologi Informasi

Smart City Indonesia


Teknologi Informasi memang selalu membuat kejutan bagi para penggunanya sekarang ini. Banyak inovasi yang berhasil diciptakan, sehingga banyak produk-produk teknologi yang semakin membludak dipenjuru dunia, contohnya saja seperti handphone. Handphone selalu di inovasikan dari masa ke masa oleh banyak produsen teknologi di masing-masing negara. Pada tahun 90-an kita tahu jika handphone diperlengkapi dengan banyak fitur seperti menelpon, SMS, game dengan grafis rendah, tombol fisik dsb. Kalau sekarang handphone telah berevolusi dan ditambahi banyak fitur seperti mengganti tombol fisik menjadi tombol sentuh, munculnya aplikasi chatting yang menggantikan SMS, Internetan lancar melalui jaringan 3G (bahkan 4G), game dengan grafis yang tinggi dsb. Dewasa ini juga handphone telah beralih nama menjadi smartphone, karena kecanggihannya yang mampu mempermudah aktifitas manusia sehari-hari.

Meningkatnya pengguna smartphone


Seiring berjalannya waktu, pengguna smartphone pun terus bertambah hari demi hari. Berdasarkan data redaksi Kompas pada tahun 2016 lalu, Pengguna Smartphone Indonesia telah menembus angka 60 juta pengguna. Tentu angka tersebut bukanlah angka yang kecil, karena Indonesia termasuk salah satu negara dengan pengguna aktif Smartphone keempat setelah Cina, India dan Amerika. Dengan angka yang besar itu tentu tidak mungkin jika Indonesia akan menjadi raksasa teknologi di Asia pada 2-5 tahun ke depan. Pengguna smartphone di Indonesia memang banyak, namun banyak pengguna yang lupa akan tujuannya diciptakan smartphone, yaitu mendekatkan yang jauh dan bukan sebaliknya.

smartphone user addictive

Patut digaris-bawahi jika genggamannya smart, penggunanya harus lebih smart. Banyak pengguna smartphone di Indonesia yang lebih suka menghabiskan waktu untuk memelototi genggamannya. Berdasarkan survey Nielsen yang berjudul “Nielsen on Device Meter” yang dikutip oleh Kompas, mengemukakan bahwa penduduk Indonesia menggunakan smartphone dapat lebih dari 189 menit atau 3 jam.  Dalam waktu 189 menit tersebut banyak aktifitas yang dapat dilakukan menggunakan smartphone, uraian lengkapnya diuraikan seperti gambar dibawah :


waktu yang dihabiskan menggunakan smartphone dalam sehari
(Sumber : http://tekno.kompas.com/read/2016/10/24/15064727/2016.pengguna.internet.di.indonesia.capai.132.juta.)



                Survey diatas dilakukan pada tahun 2013, dan pada tahun-tahun setelahnya dapat diprediksi bahwa waktu yang dapat dihabiskan didepan layar smartphone akan terus bertambah. Tentu ada resiko buruk yang diakibatkan, dari seringnya menghabiskan waktu bersama smartphone. Lalu resiko apa yang umum terjadi bagi anda smartphone holic? Berikut saya uraikan seperti dibawah :

  • Moto mendekatkan yang jauh berubah menjadi menjauhkan yang dekat



mendekatkan yang jauh


Tujuan diciptakannya perangkat genggam ini adalah untuk mendekatkan yang jauh, dimana anda dapat berkomunikasi dengan orang-orang berada jauh dari anda, melalui chatting atau menelpon. Namun yang terjadi adalah sebaliknya, para pengguna yang kecanduan telah lupa waktu dengan genggamannya seperti disaat ada acara berkumpul dengan teman, tapi malah asyik sendiri dengan genggamannya sehingga komunikasi yang baik sulit dilakukan.

  • Sulitnya bersosialisasi dilingkungan baru
sulit berkomunikasi

Pecandu smartphone akan merasa tidak nyaman ketika harus berhadapan dengan lingkungan baru. Bahkan ketika berjumpa dengan orang yang baru ditemui, pecandu smartphone akan bersikap acuh tak acuh sambil memainkan jari dilayar smartphone-nya.

  • Radiasi negative smartphone
Radiasi negative smartphone

Smartphone termasuk perangkat yang dapat mengeluarkan radiasi yang berbahaya untuk kesehatan. Anak-anak yang sering bermain dengan gadget bisa berisiko sering terpapar oleh radiasi tersebut. Sistem kekebalan tubuh dan otak mereka sedang dalam masa pertumbuhan.

  • Gangguan pada Mata
Gangguan pada Mata

Seringnya mata menatap layar dapat menyebabkan mata jadi buram, kering dan bahkan jadi sering sakit kepala. Meskipun belum ada laporan resmi untuk kerusakan pada organ mata tersebut.



Mengerikan bukan resiko yang dapat disebabkan dari seringnya kita menggunakan smartphone??? Ada baiknya jika kita dapat lebih bijak ketika menggunakan perangkat cerdas ini. Bagi porsi waktu kita untuk melakukan hal yang lebih penting seperti belajar, bersosialisasi, olah raga dsb. Jangan sampai kita yang dibuatnya terlihat tidak cerdas karena sering lupa waktu. Waktu kita lebih berharga dibandingkan harus menatap layar smartphone berjam-jam sembari memainkan jari-jemari kita diatasnya. Ubahlah pola pikir anda, ubahlah sikap anda, bijaklah menggunakan waktu dan bersosialisasilah dengan lingkungan dimana anda berada. Mari kita membangun Smart City dengan pemanfaatan Teknologi Informasi yang berguna bagi kehidupan kita sehingga konsep Smart City Indonesia dapat terwujud dinegara kita tercinta






Post a Comment

MKRdezign

{facebook#https://www.facebook.com/Anugerah-Modif-272162109806712/} {twitter#https://www.facebook.com/Anugerah-Modif-272162109806712/} {google-plus#https://plus.google.com/100408623407475059668} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCpVQ2DyTVYlj28ehP4V6v-w} {instagram#https://instagram.com/anugerahmodifjogja/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget