Halloween Costume ideas 2015

Perbedaan Fiber Glass dengan Plastik ABS pada Fairing Modif

Bagus mana ya antara fiber glass dengan plastik abs pada fairing modifikasi? Kalo menurut AMJ sih mending pilih...

Bingung mau pilih yang mana?
Bingung ane mau pilih yang mane ??

Tahukah anda fairing modif yang biasa diproduksi oleh para produsennya menggunakan bahan dasar apa? Ada yang banyak mengatakan, bahwa fiber glass lah bahan utama nya, namun tak sedikit juga yang mengatakan bahwa plastik lah bahan utamanya. Memanglah benar bahan dasar dari fairing modif di dominasi oleh 2 bahan tersebut. Namun anda sebagai konsumen pasti pernah bertanya-tanya seperti “fiber glass atau plastic yang bagus ya?”. Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut mari simak perbedaannya dibawah.

 
Serat Kaca yang disebut Fiber Glass
Serat Kaca yang disebut Fiber Glass

FIBER GLASS / Serat Kaca :
Fiberglass atau fiber adalah bahan atau material yang paling umum yang banyak digunakan untuk memodifikasi motor dan sangat sering kita temukan di body kit pada motor yang berukuran kecil sampai dengan motor gede (moge). Untuk bahan fiberglass ini memiliki macam level tingkat kualitasnya , jadi semakin bagus kualitas body kit dari bahan atau material fiberglass tersebut maka semakin mahal harga body kit tersebut jadi bahasa gampangnya adalah ada harga ada rupa. Bentuk body material ini bisa lebih tajam sesuai dengan yang dinginkan dan lebih bersifat flexible di banding plastik. Next plastik ABS.


Material Plastik ABS
Material Plastik ABS

PLASTIK ABS :
Plastik ABS asal pabrikan sebenarnya sudah keren, tetapi untuk buatan dari aftermarket masih ada banyak yang memiliki tampilan kaku dan kurang OK (ada yang kurang lancip dengan aslinya). Keunggulan dari bahan plastik ABS ini yaitu cat dari body kit plastik biasanya terkenal dengan awetnya (tapi kembali lagi dengan kualitasnya) sedangkan untuk beratnya biasanya sedikit lebih ringan dibandingkan dengan body kit fiberglass.
Lantas kelebihan dan kekurangan dari fiber glass dan plastic ABS apa aja? Cuzzz simak lagi ya dibawah.

KELEBIHAN FIBER GLASS :
v  Memiliki banyak pilihan model yang sangat beragam selain itu juga bisa berkreasi sendiri maksudnya bisa di custom sesuai dengan keinginan
v  Bodykit yang terbuat dari fiber biasanya memiliki moulding atau cetakan sehingga hasil barangnya tersebut terkesan rapid an hamper mirip fairing original, selain itu juga memiliki harga yang lumayan cukup terjangkau.
v  Kuas dalam fiberglass halus dan tebal, sehingga meminimalkan kerusakan saat terjadi crash atau hantaman.
v  Jika body kit terkena hantaman atau bahasa gampanya yaitu gesro maka fiberglass lebih mudah diperbaiki (ditembel) dan bisa seperti semula.

KEKURANGAN FIBER GLASS :
v  Untuk body kit bahan fiber, ada beberapa kasus sedikit melakukan fitting agar pass saat di aplikasikan dan tentunya rapi saat dilihat.
v  Body dari bahan Serat fiberglass biasanya tidak memiliki pori-pori sehingga hasil dalam pengecatan memerlukan keahlian khusus agar terlihat lebih kinclong dan cerah.

KELEBIHAN PLASTIK ABS :
v  Untuk bobotnya sendiri body kit yang menggunakan bahan plastik sedikit lebih ringan dari fiberglass
v  Untuk Cat lebih awet dan tahan lama
v  Bagian ujung ujung Bodi kit lebih terlihat presisi karena menggunakan alat khusus dalam proses pembuatanya.

KEKURANGAN PLASTIK ABS :
v  Dalam proses pembuatan Membutuhkan alat yang khusus atau gampangnya sebut saja mahal L
v  Warna cat pada body kit yang menggunakan bahan plastik kurang begitu cerah dan tidak serapi fiber glass
v  Jika terkena hantaman atau rusak, cenderung susah untuk diperbaiki karena proses perbaikan sama seperti membuat dari awal.


Gimana udah tebantu bukan akan pengetahuan dari perbedaan fiber glass atau plastic bukan ? Jadi anda bisa menentukan bukan mana yang lebih baik dari kedua bahan diatas. Admin sendiri menyarankan ya mending fiber glass. Kenapa ? Ya simak lagi keunggulannya diatas J dari flexibilitas proses terbentuknya fairing, kecerahan cat dan tingkat perbaikan yang dapat dilakukan. Kalo admin sih jelas mending pilih FIBER GLASS :D

Salam Josss !!!

Post a Comment

MKRdezign

{facebook#https://www.facebook.com/Anugerah-Modif-272162109806712/} {twitter#https://www.facebook.com/Anugerah-Modif-272162109806712/} {google-plus#https://plus.google.com/100408623407475059668} {youtube#https://www.youtube.com/channel/UCpVQ2DyTVYlj28ehP4V6v-w} {instagram#https://instagram.com/anugerahmodifjogja/}

Contact Form

Name

Email *

Message *

Powered by Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget